Minggu, 09 Desember 2012

Mendapatkan kuskus dan kenari

Setidaknya saya sudah 2 kali mendapatkan binatang secara gratis. Binatang itu yang datang sendiri ke rumah.  Dulu kira-kira tahun 98 saya mendapatkan binatang kuskus. Ceritanya saat itu saya mau mandi sore. Sayapun bergegas mengambil handuk yang dijemur di loteng dekat kamar. Saat saya mengambil handuk tiba-tiba mata saya melihat binatang aneh yang baru saya lihat. Binatang itu kecil sebesar tupai dengan matanya yang melotot. Tapi gerakannya lamban. Saya gak berani mengambilnya sendiri. Saya berlari memanggil teman yang sedang main bola di lapangan dekat rumah. Lalu teman saya mengambil karung. Ditangkaplah binatang itu lalu dimasukkan ke karung. Saya tidak memelihara binatang itu karena aneh. Lalu diberikanlah pada teman untuk dipelihara. Setelah beberapa hari teman-teman yang lain banyak yang tahu keberadaan binatang itu. Saya sendiri masih tidak tahu jenis binatang itu. Salah seorang teman memberitahu bahwa itu adalah binatang kuskus. Binatang itu jarang ada yang memelihara, biasanya kan burung yang sering dipelihara orang. Salah seorang teman yang lain ada yang bercanda bahwa itu adalah sebuah pertanda bagi saya. Ya gerakan binatang itu lamban tapi matanya melotot tajam bila di kejutkan langsung mengerutkan badannya, singkatnya binatang yang penakut. Itulah sifat yang melekat di diri saya saat itu, penakut. Ya saya terima aja karena memang saat itu keadaan jiwa saya benar-benar sedang galau. Setelah lama dipelihara kuskus itu lama kelamaan sakit. Bulu-bulunya rontok. Makin hari makin parah keadaannya. Salah seorang teman menyarankan agar kuskus itu dibuang saja jauh-jauh. Akhirnya kuskus itu dibuang di alam bebas.
Satu lagi binatang yang saya peroleh adalah burung. Saat itu saya sedang bengong di ruang makan. Lalu terdengar suara menciap dan kelebatan sayap. Setelah saya lihat ternyata itu adalah seekor burung kecil berwarna orange. Saya adalah seorang yang agak takut terhadap segala jenis binatang. Waktu saya coba untuk menangkapnya sendiri saya tidak berhasil. Akhirnya dibantu ibu saya baru bisa menangkap burung itu. Akhirnya setelah saya tanya teman baru tahu bahwa burung itu adalah kenari. Suaranya cukup bagus dan bulunya pun bagus. Tapi saya tidak tahu kali ini pertanda apa. Mudah-mudahan aja pertanda yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar